Senin, 01 September 2014

Ke Semarang Aku Kan Kembali


Biasanya kalo weekend pada ngapain aja sih? Di rumah, di kos, atau keliling jalan2 keluar kota, keluar pulau, keluar negeri? Eit dah...yang terakhir tajir bener nih, hehe. Saran saya, kalo lagi bosen di rumah/kos, pengen jalan2 tapi dengan budget terbatas, bagi yang domisilinya di Pulau Jawa kayak saya nih, bisa ngikut cara saya ngisi weekend. Pergi ke Semarang. Biarpun beda provinsi, Surabaya – Semarang nggak begitu jauh. Kira2 6 jam perjalanan naek bus, malah 4 jam kalo ditempuh dengan kereta api. Biar lebih ngirit, kereta api ekonomi bisa jadi alternatif untuk pergi kesana. Cuma 50rb aja, kamu udah bisa sampe ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Saya pegi bareng temen2 kos, berangkat Jumat malem dan balik Minggu malem. Jadi, waktu efektif saya buat jalan2 hanya 2 hari, Sabtu dan Minggu. Semaksimal mungkin ada banyak tempat yang saya rencanakan buat saya datangi. Tapi manusia hanya bisa bikin itenary, namun Tuhan dan waktu yang menentukan (ini ngomong apa??). Ada beberapa tempat yang saya rencanakan, tapi belum kesampaian, musti balik lagi berarti kapan2. Terhitung ini kedatangan saya yang ke-3 ke kota ini. Tapi sebelumnya hanya dalam rangka mampir dan kerja, jadi untuk jalan2 sepenuhnya, ya baru kali ini. Oke, kalo gitu sebelum saya tambah ngawur, saya mulai cerita kemana aja saya selama di Semarang. Cekidot.


Sidomukti - Bandungan

Bandungan adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Semarang. Ada beberapa obyek wisata yang saya datengi disini. Yang pertama adalah Sidomukti. Tempat ini sebenarnya kolam renang atau pemandian yang pemandangan sekitarnya langsung lembah pegunungan. Cuma target saya sih bukan kolam renangnya, tapi permainan outbond disana. Dan target saya langsung yang paling ekstrim, Highest Triangle. Ternyata setelah dicobain...iya lumayan bikin deg2an. Kalo orang rumah tau saya nyobain permaenan kek begini nih, saya bisa kena “siraman rohani” 40 hari 40 malem. Kapokmu kapan, Mel? :D

 
Macam2 permaenan outbond dan harganya

Ra'gentar (yang artinya : tidak gentar)

Flying Box, bagian pertama dari Hinghest Triangle

Sky Walk

Bismillah

Merinding disko

Ini lho Flying Fox-nya...enteeeennnggg

Banner ini yang bikin saya langsung memutuskan mau nyobain wahana apa

 
Gedong Songo – Bandungan

Masih di daerah Bandungan nih. Gedong Songo adalah komples candi2. Nggak tanggung2, ada 9 kompleks, luas banget kan? Kalo yang nggak mau capek, bisa tuh nyewa kuda buat keliling. 



 

 
 





Air Terjun Curug Tujuh Bidadari – Sumowono

Kali ini pindah kecamatan di Kecamatan Sumowono. Air terjun yang langsung dari pegunungan Ungaran ini punya 7 air terjun yang terbentuk secara alami. Dibagi dalam 3 tingkatan, tingkatan pertama ada 1 air terjun, tingkatan kedua ada 2 air terjun, dan tingkatan ketiga yaitu tingkat paling bawah terdapat 4 air terjun. Total ada 7 air terjun, karena itulah disebut Curug Tujuh Bidadari. Dan ketika saya berada disana, saya langsung berasa jadi bidadari yang kedelapan, haha




Salah satu jembatan menuju Curug Tujuh Bidadari

Ini dia...bidadari yang ke-8


Hostel Imam Bonjol – Semarang 

Berhubung hari sudah menjelang malam, saya kembali ke Kota Semarang. Saya menginap di hostel Imam Bonjol yang terletak di jalan yang sama dengan nama hostelnya. Dari luar penampakan hostel ini berupa ind*m*ret. Hostel ini terletak di lantai 2. Ternyata diluar perkiraan saya, hostel ini memiliki banyak kamar dengan luas yang bervariasi tergantung tipe. Saya booking hostel ini dari situs Agoda. Berhubung modelnya hostel, tentunya kamar mandi yang dipakai adalah kamar mandi bersama. Secara keseluruhan, hostel ini mirip dengan hostel2 yang ada di luar negeri. Kamar yang saya sewa tipe family, kapasitas untuk 4 orang (untuk 5-6 pun saya rasa cukup sebenarnya), sewanya 300rb per malam (udah termasuk pajak dan sarapan). Hotel ini letaknya strategis, murah, dan bersih. Rekomended buat yang pengen ke Semarang ala backpacker seperti saya.

Ada sudut buat fitnessnya segala lho

Salah satu sudut dekat resepsionis

Kamar mandinya nih

Dalamnya bersih

Kamar kita yang berantakan, haha


Pecinan Semawis – Semarang

Untuk makan malam, saya pergi ke kawasan Pecinan di Semawis. Ada disini, berasa ada di sudut jalan kota di Hongkong (nggak kok, saya nggak lebay, kenyataannya emang begitu). Setelah muter2 dan yang tersedia kebanyakan menu yang ada unsur babi-nya (yaiyalah Mel, pecinan gitu lho), akhirnya pilihan saya tetep jatuh pada makanan khas Semarang, tahu gimbal. Absurd banget nggak saya...ke pecinan tapi makanan pribumi sekali, hehe.

 
Rame banget, susah nyari kursi kosong

Lawang Sewu, Gereja Blendug, dan Sam Poo Kong

Hari kedua saya isi dengan keliling di seputaran kota aja. Masuk ke Lawang Sewu, Gereja Blendug, dan Sam Poo Kong. Nggak ada yang terlalu istimewa sebenarnya. Apalagi sebelumnya saya pernah liat2 ngelewati daerah ini. Hanya menghabiskan waktu seharian sebelum kereta malam saya berangkat. Cuma 1 yang belum  saya lakukan, masuk Lawang Sewu malem2. Oh ya, ada tempat2 yang emang belum sempat saya datengi karena keterbatasan waktu, Masjid Agung dan Pagoda di daerah Watu Gong. Kapan2 musti balik.

Tiket masuknya nih

Biar ga serem, kesininya siang2 aja kek saya



Tugu Muda (depannya Lawang Sewu)
 
 
Gereja Blendug di Kota Tua

Salah satu sudut gereja


Piano raksasa

 
Salah satu jepretan favoritku



Salah satu sudut Sam Poo Kong



Bahkan disini aja ada musala...salut

Satu hal lagi, mungkin ada yang bertanya2 kenapa saya nggak mampir ke Simpang Lima Semarang. Yaaaahhhh, kemaren benernya cuma ngelewatin aja, walo nggak mampir. Sekedar rendesvouz, terutama di antara Hotel Ciputra dan Hotel Horison, deretan kaki lima yang banyak ngejual jagung bakar. Itu spot favorit saya di Semarang, dimana pernah suatu hari saya dan kamu, duduk disitu, kabur diantara hiruk pikuknya pekerjaan, untuk sekedar makan jagung bakar (walo resikonya dicari2 sama orang banyak, hehe). How I love that moment :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar