Jumat, 23 Agustus 2013

Journey To East Kalimantan (Part.1)

Allah Maha Baek. Waktu hati saya masih kacau kemaren, Allah kasih saya penghiburan buat jalan2 keliling Kalimantan Timur. Memang sih rasanya agak sepi, soalnya ga bareng temen2. Disana ada acara nasional se-Indonesia. Jadi saya bisa ketemu beberapa temen si dia yang bikin saya keinget dia lagi. Bayangin aja...ga usah deh ketemu dia, ketemu temen2nya aja udah sanggup bikin saya pengen nangis gulung2. Huft...untung self control saya lumayan bagus. Jadi kalo mo nangis, simpen dulu air matanya di kamar ya. Nangis aja sono dalam hati.

Back to main topic. Saya emang ga terlalu lama di KalTim kemaren. Cuma 3 hari aja. Saya nginep nya di Balikpapan. Tapi saya sempet mampir bentar ke Kutai Kartanegara dan Samarinda. Walo ga terlalu banyak tempat yang saya kunjungi berhubung keterbatasan waktu dan mungkin saya kurang maksimal hepi2nya soalnya emang suasana hati lagi kurang bagus dan tanpa temen2 saya, tapi secara keseluruhan semua kegiatan disana bikin saya ngerasa lebih enjoy menghadapi semuanya...walo mungin untuk sementara aja. Tapi tetep Alhamdulillah ya, Allah aja ga membiarkan saya terpuruk lama2 dan terus2an :)

Berhubung ada banyak tempat yang saya kunjungi, saya akan berbagi cerita mirip cerbung alias cerita bersambung. Dimulai dari hari pertama dulu ya.

Day 1. Selasa, 20 Agustus 2013
Saya sampai di Bandara Sepinggan Balikpapan sekitar pukul 11 siang waktu setempat. Ga buang2 banyak waktu, mobil sewaan langsung meluncur ke daerah Kutai Kartanegara. Untuk makan siang, saya berharap banget bisa makan makanan khas daerah Balikpapan. Tapi apa daya, driver bilang kalo Balikapapan ga terlalu punya makanan khas karena kota itu juga kota pendatang (kebanyakan dari Pulau Jawa). Alhasil, saya makan di RM. Tahu Sumedang, Kota Balikpapan km 50. Dari namanya udah ketauan kan, kalo resto itu menunya khas Jawa Barat. Gapapa lah, namanya juga laper :D

Bandara Sepinggan - Balikpapan
Sudut Favorit Saya di Bandara Sepinggan

Perjalanan menuju Kutai melewati Bukit Soeharto. Dari namanya unik juga ya? Mungkin bukit ini dulu diberi nama sebagai penghargaan buat Mantan Presiden Soeharto. Bukitnya berkelok2, naek turun, di sekeliling yang ada cuma pohon2...eh pohon apa ya namanya? (lupa...). Sekilas jalanan itu mengingatkan saya dengan suasana jalanan antara Caruban-Madiun atau jalanan di Gumitir yang menghubungkan Jember dengan Banyuwangi. Perjalanan Balikpapan – Kutai membutuhkan waktu sekitar 4 jam dan dengan kondisi jalanan yang banyak berlubang pastinya menambah lama waktu tempuh. Heran juga sih, daerah kaya pertambangan, tapi jalanan hancur lebur. Sayang banget kalo hal krusial kayak gitu kurang dapet perhatian dari pihak2 terkait.

Bukit Soeharto

Di Kota Tenggarong - Kutai Kartanegara saya sempet lewat Istana Raja. Duh...denger kata ‘istana’ saya langsung inget Pangeran (eh, sedih lagi deh...). Tapi ngomong2 Pangeran Kutai kayak apa ya bentuknya? Ganteng ga sih? Ini lho Putri Amel mau ketemu, haha.

Lambang Kota Kutai Kartanegara

Trus saya sempet mampir di Museum Mulawarman (yaelah, mirip anak SD aja saya mampir museum ya, hehe). Isinya ya kayak museum pada umumnya lah. Peninggalan raja2 dan barang2 yang bernilai seni budaya tinggi, seperti alat tenun khas Kalimantan, uang lama, senjata Dayak jaman dulu, hasil kerajinan masyarakat Dayak, dan masih banyak lagi. Tapi yang bikin saya penasaran sih ruang bawah tanahnya. Saya denger ruang bawah tanah peninggalan jaman Belanda itu terkenal angker dan pernah dijadikan salah satu lokasi uji nyali. Saya pengen tau banget. Sayang waktu petugas yang saya tanya tentang hal itu bilang kalo ruang itu saat itu dikunci dan masih dilarang dimasuki untuk sementara. Huaaahhh...tambah penasaran aja saya. Tapi saya sih ogah nekat. Berhubung hari sudah hampir gelap, saya buru2 capcus buat nyeberang sungai Mahakam dan berkunjung sebentar ke Kota Samarinda.

Salah Satu Isi Museum Mulawarman

Senjata Jaman Kompeni

Kerajinan Suku Dayak

Pakaian Adat
Alat Tenun Tradisional

Singasana Raja Kutai Kartanegara

Untuk mencapai Samarinda, saya naek kapal dengan biaya 20rb per mobil. Kapalnya sih ga terlalu besar, tapi cukup memuat sampai 4 mobil ukuran sedang. Saya turun dari mobil dan naek ke atas deket nahkoda kapal. Disitu saya sempet ngobrol. Nahkoda itu sempet cerita macem2, mulai tentang ambruknya jembatan Kutai Kartanegara (KuKar) sampai klub sepakbola setempat. Saya seneng aja diajak ngobrol ngalor ngidul gitu. Daripada bengong sendiri, bisa gila :D

Siap2 Buang Sauh
Pulang

Stadion Mitra Kukar

Waktu udah pukul 7 malem waktu saya sampai di Samarinda. Saya langsung mampir ke Islamic Center Samarinda buat shalat. Kata orang, Islamic Center Samarinda adalah Islamic Center terbaik se-Asia. Wow...!!! Begitu menapakkan kaki disana, sekilas tempat ini mengingatkan saya dengan Masjid Agung Al-Akbar Surabaya. Tapi yang ini kan bukan hanya sekedar masjid, ini Islamic Center. Subhanallah...bagus banget tempatnya.

Salah Satu Sudut Islamic Center Samarinda

Bedug dan Kentongan Raksasa Tampak Menghiasi Pelataran Depan

Salah Satu Menara Islamic Center Samarinda

Ga banyak tempat yang bisa saya kunjungi di Samarinda. Termasuk tempat temen2 dan kakak2 tingkat jaman kuliah dulu. Andai ada waktu agak lama, saya pasti mampir. Dan sekali lagi, untuk makan malam, ga ada makanan khas, saya malah mampir rumah makan khas Daerah Yogyakarta (haha...*tepokjidat*). Setelah makan, saya langsung kembali ke Balikpapan. Samarinda – Balikpapan membutuhkan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan. Kali ini jalanan mulus2 saja, ga begitu banyak berlubang seperti jalan dari Balikpapan ke Kutai. Satu hal yang saya sayangkan, saya belum sempet duduk2 menikmati secangkir kopi di pinggir Sungai Mahakam seperti anak2 muda disana, hehe. Cuma bisa lihat dari dalem mobil. Duh...badan ini rasanya capeeeeek banget waktu itu, pengen buru2 sampai hotel dan langsung tidur. Melupakan sejenak semua resah dan penat. Walo saya tau, semua itu tetep ga sanggup membuat saya melupakannya *cha* (huft...itu lagi).