Selasa, 19 Februari 2013

Teach Me How To Showing That "I'm Okay"


Dan disinilah saya. Hampir tengah malem duduk dengan cakepnya di Paviliun Jantung dan ICCU salah satu rumah sakit di Surabaya. Dari luar, saya pasti terlihat biasa aja. Ga keliatan seperti orang yang sakit jantung kok. Ya karena emang ga sakit sih. Alhamdulillah, jantung saya tampaknya dalam keadaan sehat. Cuma hati,otak,pikiran,dan jiwa kayaknya yang rada sakit. Ups...berlebihan ya? Dalam beberapa terakhir ini aja,saya udah ngalamin banyak kejadian yang rasanya sanggup bikin jantung orang sakit bakalan kolaps. Apalagi kejadian2 di hari ini. Maka dari itu, saya sangat bersyukur jantung saya sepertinya sehat2 aja. Paling ga,saya masih sanggup berdiri tegak,berjalan,bercakap2 dengan banyak orang, bahkan berolahraga...setelah beberapa kejadian di hari ini. Emang hari ini ada apaan sih? Okelah....mari kita mundur beberapa jam dari sekarang.


Tadi siang saya baru aja beli kado. Bukan kado buat sembarang orang. Tapi buat mantan pacar saya. Mantan yang…sejujurnya sih…membekas banget. Sayang sih masih, tapi mungkin rasa sayang ini lebih tulus. Tanpa rasa ingin memiliki. Saya sudah ikhlas kok, dia sudah dapet kebahagiaannya sendiri. Cuma sayang aja. Lah emang ada undang-undang yang ngelarang kita sayang sama mantan pacar ya? Kan ga ada. Dan juga itu bukan sembarang kado. Tapi kado buat acara pernikahannya 2 minggu lagi. Saya denger kabarnya 2 minggu yang lalu. Langsung dari sumber yang terpercaya. Kurang terpercaya gimana coba kalo yang bersangkutan yang telpon langsung. Ga begitu kaget sih, soalnya beberapa hari sebelumnya, sahabat saya sempet ngomong nyeletuk gitu aja. Tapi kabar yang saya denger waktu itu, lengkap dengan tanggal dan jam, sekaligus undangan. Ga gitu kaget sih kabarnya. Yang bikin kaget sih, perasaan saya aja. Ternyata rasanya masih lumayan cetar membahana badai ya. Mana denger kabarnya itu pas di warung, lagi mo maem, mo perjalanan tugas ke Banyuwangi. Sendirian pula. Entah kenapa, makanan yang baru datang waktu itu ga keliatan begitu enak. Dan rasa2nya saya langsung kenyang. Itu 2 minggu yang lalu. Ternyata begitu ya rasanya denger kabar kalo mantan kita nikah. Dan ternyata begini ya rasanya sibuk cari kado buat acara pernikahan (mantan) pacar…dengan orang laen pula nikahnya, hehe. Rasanya hati kayak diremes2. Tapi ya udahlah…masalah yang ini saya bisa handle kok. Entahlah, saya juga ga nyangka kalo saya lumayan kuat juga. Oh ya, saya putusin ga bisa dateng ke acara nikahannya besok. Bukannya apa2, tapi jadwalnya emang bentrok dengan acara nikahan temen baek saya. Duh, emang lagi musim kawin kali ya?


Dan puncak dari cerita ini adalah malam ini. Benernya cerita ini sudah berawal sekitar sebulan yang lalu sih. Saya ketemu dengan seseorang. Laki2 pastinya. Manis, kalem, baek. Itu 3 kesan pertama yang muncul waktu saya ngeliat dia. Dia dan saya tergabung dalam satu klub kegiatan yang baru saja saya ikuti. Di pertemuan ketiga, akhirnya kami kenalan. Dan pertemuan2 setelah itu membuat kami semakin akrab. Semuanya keliatan baek2 aja, lancar2 aja, dan sepertinya sih bahagia2 aja, sampai saya ngeliat ada cincin di jari manisnya. Galau-lah saya. Saya pikir itu cincin tunangan. Makin galau-lah saya. Saya liat2 sekali lagi. Semacam cincin aksesoris biasa, karena sepertinya terlalu sederhana untuk sebuh cincin ikatan, malah semacam cincin maenan. Tapi saya ga mau berbesar hati dulu. Siapa tau memang seperti itulah cincinnya. Mana tau saya? Toh saya belom pernah tunangan, apalagi menikah. Dan saya…tetap galau. Tapi masih galau2 hepi sih. Dia baek banget. Malah kayak kakak sendiri, kalo saya pikir2. Makin kagum saya begitu saya tau dia pekerja keras. Dan banyak lagi dia cerita tentang hidupnya, yang kalo saya nilah sih berkisar antara kerja, kerja, dan kerja. Kemana cerita tentang pasangannya nih? Saya sempet berpikir, “Gila aja nih orang kok kerja terus. He seems like he has no life”. Dan sampailah ketika kami bercerita tentang keluarga di rumah. Saya bertanya, dia berapa bersaudara. Dan dia jawab cuma dengan geleng2 sambil menunjukkan cincin itu. Saya tanya, “Istri?”. Dia mengangguk. Dan saya…bukan hanya galau. Serasa atap gedung nimpa kepala saya saking kagetnya. Dan thanks God, dia dipanggil temannya waktu itu. Dan saya serasa diberi kesempatan oleh Tuhan untuk me-normal-kan kembali ekspresi wajah saya yang saya sendiri ga tau seperti apa waktu itu. Begitu dia kembali ke arah saya, kegiatan kami pun dimulai seperti biasa. Maksud saya sih…saya (terlihat) beraktivitas seperti biasa. Saya yakin saya bergerak seperti biasa. Ngobrol dengan teman2 saya saat itu seperti biasanya. Justru, saya ngerasa waktu itu dia sering banget merhatiin saya (padahal biasanya saya yang merhatiin dia, hehe). Dan dia menggerak2kan bibirnya ke arah saya mengucapkan 1 kata, “Semangat”. Ga salah? Dia nyemangatin saya saat saya mencoba untuk semangat? Emang keliatan ya? Waktu break acara, dia sempet nyamperin saya dan bilang, “Kenapa kamu? Semangat dong. Kamu keliatan ga semangat gitu”. Hellloooowwww…yang laen aja ga nyadar, kenapa cuma dia yang bilang saya ga semangat? Entahlah, apa kemampuan akting saya sudah menurun? Sungguh, kalo mo jujur, rasanya emang saya ga sanggup buat bergerak, buat beraktivitas, bahkan untuk sekedar ketawa seperti yang saya lakukan tadi di depannya. Tapi…nyatanya saya sanggup kan? 


Ngomong2 soal semangat nih ya. Saya jadi mikir, gimana bisa seseorang yang sudah berhasil ngecewain hati saya (walo mungkin dia ga sadar apa yang dia perbuat), malah memberi saya ucapan kata 'semangat'. Bukan kali ini saja. Ingatan saya kembali ke kejadian sekitar 5 taun yang lalu. Saat itu orang yang saya sayangi banget2 pergi ninggalin saya buat kembali ke kota kelahirannya. Dan ga ada janji atau apapun yang mungkin bisa membuat dia kembali lagi. Waktu itu saya sekuat tenaga nahan nangis, setidaknya ga nangis di depan dia. Dan saya berhasil. Sampe dia pergi, hanya senyuman saya yang terlihat olehnya. Entah senyuman model apa yang bisa saya tunjukkan saat itu buat dia. Tapi akhirnya air mata ini runtuh juga waktu kereta yang bawa dia pergi mulai berjalan dan ga terlihat lagi. Semakin runtuh bendungan air mata saya waktu saya buka handphone dan disitu ada pesan berisi kata2 'semangat' dari dia. Waktu itu rasanya pengen berlari nyusul keretanya untuk sekedar bertanya, "Ajari bagaimana caranya tetep semangat saat kamu ga ada, Cinta?" Dan ga nyangka saat2 seperti itu kejadian lagi sekarang. Entah yang mana yang lebih baek. Pergi begitu saja atau pergi baek2 dengan kata 'semangat'. Yang jelas, saya mau ngasih pengumuman buat semua orang disini yang sudah ngecewain orang laen tapi tetep meninggalkan kata2 'semangat', "Hei...it's not working at all".


Teman saya bilang, ini ga akan sesakit yang kemaren. Tapi dia salah. Nyatanya sama aja. Mo sakit model apa juga, ga ada sakit yang lebih mendingan. Sakit ya sakit. Pain is pain. Titik. Ga pake koma. Dan sakit itu yang bikin saya duduk di paviliun ini. Tadinya sih mo jenguk orang sakit. Tapi berhubung udah kemaleman, jadi bagian jaga deh. Tapi gapapa lah. Di saat2 begini, daripada saya keluyuran menggalau di jalan raya, atau malah duduk2 ga jelas di kafe, mending saya cobain tempat baru. Duduk sambil blogging di pavilliun jantung rumah sakit. Dan besok2…rasanya saya masih sanggup kok kalau ketemu dia lagi. Paling ga, saya dapet beberapa temen baru dari situ. Dan itu sama sekali ga bisa dikatakan berita buruk, kan? Lagian, ya ampun…saya lupa kalo ada seseorang yang harusnya saya perhatiin. Seseorang yang ga pernah saya lewatkan seharipun tanpa mikirin dia. Siapa sih dia? Nah terus laki2 yang barusan bikin saya galau mala mini siapa ya? Hmmm…kita liat aja cerita2 saya yang berikutnya ya :)


-Paviliun Rumah Sakit-
Senin, 18 Pebruari 2013 : 23.50

Tidak ada komentar:

Posting Komentar