Selasa, 11 Februari 2014

Cinta Membuat Kita Bodoh





Cinta membuat bodoh. Boleh protes menolak, boleh mengiyakan deh. Yang bilang begitu bukan saya lho, itu hasil penelitian ilmiah dari profesor2 luar negeri. Baca aja deh link yang saya bagikan di atas. Kalo menurut saya sih, cinta itu harusnya membawa sesuatu yang positif, misalnya jadi lebih ceria, bersemangat, rajin belajar, rajin bekerja, lebih kuat, dll. Bukan hal negatif, seperti jadi bodoh, lemah, cengeng, dsb. Itu maunya saya sih.

Tapi bagaimanapun juga, nggak bisa dipungkiri, tiap saya jatuh cinta, saya juga mengalami hal2 bodoh seperti itu. Bagaimana bisa seseorang bisa membuat saya merasa kuat dan lemah saat bersamaan. Merasa berani dan takut saat bersamaan. Membuat saya merasa seperti orang bodoh saking untuk berpikir normal saja rasanya nggak sanggup. Duh cinta...

Tapi ada yang lebih “nggak banget” lagi sih. Darwis Tere Liye, penulis novel terkenal, bilang : “Ada dua hal yang menghalangi nafsu makan. Jatuh cinta dan kesedihan yang mendalam”. Nah lho...bayangin aja kalo 2 hal itu terjadi di saat yang bersamaan. Jatuh cinta sekaligus patah hati, misalnya. Duh Gusti, yang satu itu paling nggak kuat banget deh. Gimana kita ngerasa perasaan kita meluap2 saking sesaknya namun kita sendiri justru setengah mati menahan diri agar perasaan yang seperti air bah itu nggak tumpah begitu saja. Pengalaman pribadi ya? Kok tau banget? Emang... 

Saya tau saya masih sayang dia. Dan saya juga tau persis kalo saya harus berhenti sayang...kalo nggak mau terlalu sakit terus2an. Tapi nahan rasa sayang ya tetep aja sakit. Mau membohongi diri seperti apa juga, saya masih sayang dia. Mau mengelak seperti apa juga, saya tetap deg2an waktu ketemu dia, bahkan saat mau ketemu pun, drumband di hati ini nggak bisa dihentikan begitu saja. Bahkan hanya untuk sekedar berpura2 bersikap biasa saja saat dia ada di dekat saya, saya nggak bisa. Masih saya ingat kalo dia menelpon saya, rasanya otak saya blank untuk beberapa saat. Otak terasa blank tapi hati terasa penuh. Entah ini termasuk keberuntungan di tengah situasi seperti ini, jarak kami yang terpisah hampir 1000 km, tentu nggak memungkinkan kami sering2 bertemu. Tapi selalu ada waktu untuk mengingatnya. Selalu ada waktu untuk memikirkannya. 

Dan saya heran, bagaimana dia bisa bersikap biasa aja setelah semua yang lewat kemaren. Entah memang dia nggak merasa ada yang salah, atau mungkin dia juga aktor hebat yang berpura2. Entahlah. Mau kusembunyikan dimana drumband ini? Mau kualirkan kemana air bah ini? Seandainya cinta kami sama besarnya, seandainya rasa kami sama, seandainya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar