Minggu, 27 Juli 2014

Esensi Ucapan Hari Raya Idul Fitri. Masihkah?

Malam ini malam takbiran. Besok udah lebaran. Nggak kerasa, Ramadhan cepet banget perginya. Di malam takbir begini, mendadak mellow (ah perasaan saya emang sering banget mellow-nya, haha). Galau…akankah si dia mengingat saya walopun hanya lewat sekedar sms ucapan selamat hari raya. 

Nah, mengenai sms nih. Kalo musim2 begini sih, biasanya banyak orang mendadak puitis, rame2 kirim puisi dan kata2 indah yang berkaitan dengan hari raya. Intinya sih sama aja, ngucapin selamat lebaran dan minta maaf lahir dan batin gitu. Sayangnya…banyak dikirim secara massal alias broadcast. Sebenarnya sih nggak ada masalah dengan sms broadcast kayak gitu. Yang penting inti dari pesannya bener2 tulus dari dalam hati. Itu esensi sebenarnya kan? Kita mohon maaf atas kesalahan kita ke orang2 untuk kembali fitri. 

Ada lagi yang ngucapin “Si Anu beserta keluarga…bla bla bla…”. Nah, buat saya yang masih single fighter kayak begini, ini bisa menimbulkan dilema tersendiri. Saya tau makna keluarga ini luas sekali. Keluarga bukan hanya suami/istri dan anak, tapi bisa juga bapak/ibu, papa/mama, kakek/nenek, om/tante, kakak/adik, dll. Tapi menurut saya permintaan maaf kan lebih bagus secara pribadi, trus masa saya harus nulis gini : “ Selamat Idul Fitri. Maaf lahir dan batin. Amel yang belum berkeluarga” atau “ Amel yang berencana akan berkeluarga”. Semacam kurang serius gitu ucapannya, padahal itu sih kenyataan yang sebenarnya ya? Haha…

Kadang ucapan malah datang duluan dari para mantan atau penggemar. Deuh, sok laku banget deh saya, hehe. Tapi ini sering kok jadi bahan renungan saya (walo saya paling ga betah merenung lama2). Ucapan itu, seharusnya kan tulus, bener2 dari hati. Mengenai mantan, apa ucapan itu bener2 dari hatinya? Apa bener dia tulus meminta maaf? Demikian juga saya. Apa ucapan maaf saya bener2 dari hati saya? Apa saya bener2 minta maaf atas kesalahan2 saya? Intinya, apa bener kita sudah saling memaafkan bener2 satu sama lain? Semoga memang begitu keadaannya ya.

Dan kembali lagi ke topik awal. Bahwa saya nggak ada masalah apapun dengan ucapan broadcast.Walo sebenarnya saya lebih suka kata2 sederhana ala si  pengirim (dibandingkan mereka memaksa cari puisi atau kata2 mendayu2) tapi secara personal. Tapi sekali lagi ya, secara umum, saya nggak masalah kok dengan ucapan broadcast semacam itu, asalkan esensi dari ucapannya bener2 dari dalam hati bener2 dari hati. Itu aja sih intinya. Mohon maaf lahir dan batin semuanya :D

PS : Berhubung udah kurang lebih 3 tahun terakhir saya nggak pernah beli baju baru pas lebaran, walo nggak nyambung dengan topik saya kali ini, nih saya lampirin foto bertema lebaran tahun ini (berani nggak make-nya ya? Hehe...)

 
:: Malam Takbiran Idul Fitri 1 Syawal 1435 H ::
:: Amel ::

Tidak ada komentar:

Posting Komentar